UGM Buka Pendaftaran Maba Jalur Prestasi, Ini Kriterianya

Kompas.com - 30/04/2021, 09:34 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta Shutterstock/Fajar Tri AmboroKampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
|

KOMPAS.com - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 masih berlangsung. Meski demikian, ada beberapa PTN yang membuka pendaftaran jalur prestasi.

Seperti halnya Universitas Gadjah Mada ( UGM) yang juga membuka pendaftaran mahasiswa baru (maba) jalur prestasi.

Menurut Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Dr. Agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih, ada beberapa jalur prestasi UGM yang dibuka, yakni:

1. Jalur PBUK

Pada jalur PBUK (Penelurusan Bibit Unggul Kemitraan), UGM bermitra dengan banyak institusi baik institusi negeri maupun swasta.

Baca juga: Mahasiswa Jogja, Perusahaan Ini Buka Lowongan Magang

2. Jalur PBUB

Jalur PBUB (Penelurusan Bibit Unggul Berprestasi), unggul karena keilmuannya mengikuti beberapa olimpiade seperti olimpiade kimia, geografi, fisika, biologi dan lain-lain.

Dalam PBUB ini ada PBOS (Penelurusan Bidang Olahraga dan Seni), yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang mempunyai prestasi di bidang Olahraga dan Seni.

3. Jalur PBUTM

Jalur PBUTM (Penelurusan Bibit Unggul Tidak Mampu). Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi kurang beruntung.

Halaman Selanjutnya
Halaman: