Ini Strategi Jitu Hadapi UTBK dan SBMPTN 2021 Mulai dari Sekarang

Kompas.com - 28/09/2020, 14:46 WIB
Ilustrasi pembelajaran jarak jauh. DOK. PEXELSIlustrasi pembelajaran jarak jauh.

KOMPAS.com – Tidak ada salahnya mempersiapkan diri mulai dari sekarang dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) untuk memperoleh nilai terbaik Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2021.

Jika dibandingkan dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), presentase jumlah peserta dan penerima SNMPTN lebih sedikit daripada SBMPTN.

Pada 2020, peserta presentase penerima SNMPTN hanya mencapai 19,7 persen atau setara dengan 96.496 siswa. Sementara itu, SBMPTN menerima 167.653 pelajar dengan presentase 23,8 persen.

Baca juga: Bimbel Masih Jadi Pilihan Siswa Persiapkan Diri Masuk SBMPTN

Data yang dipaparkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menunjukkan bahwa peluang pelajar untuk masuk PTN lebih besar bila melalui jalur SBMPTN.

Untuk membantu persiapan siswa untuk menghadapi UTBK dan SBMPTN 2021, Rencanamu.id lewat situs resminya memberikan panduan langkah mulai dari September 2020 hingga Juli 2021.

1. September

Calon mahasiswa fokus untuk mengeksplorasi program studi ( prodi) dan karier agar bisa tahu pilihan prodi untuk SBMPTN. Selain itu, cari tahu juga pilihan PTN.

Pasalnya, pelajar harus menentukan 2 pilihan untuk masuk SBMPTN. Prodi bisa berada di PTN yang sama maupun berbeda. Pilihan PTN juga bisa sama atau berbeda.

Apabila sudah tahu prodi mana yang ingin digeluti, pelajar bisa mulai fokus belajar pada materi IPA, IPS, bahasa, atau keduanya.

Namun, siswa harus mengeksplorasi diri sendiri untuk tahu minat dan bakat jika masih tidak tahu pilihan prodi atau rumpunnya.

2. Oktober

Setelah memilih prodi dan PTN yang diinginkan, pelajar bisa mendiskusikan pilihannya dengan orangtua. Tujuannya agar masih ada beberapa bulan untuk mendiskusikan keinginan prodimu untuk mencapai kesepakatan.

Pelajar juga bisa mulai mencari kursus daring atau persiapan untuk menghadapi UTBM SBMPTN.

Meski SBMPTN 2020 hanya menguji calon mahasiswa lewat Tes Potensi Skolastik (TPS), tetapi pelajar harus tetap mempersiapkan diri untuk menghadapi Tes Kompetensi Akademik (TKA) SBMPTN.

Supaya bisa fokus memahami materi UTBK (TPS dan TKA), pelajar bisa membuat jadwal belajar rutin agar perkembangannya terlihat dan mengerjakan berbagai contoh soal.

Bagi siswa yang tertarik dengan prodi seni dan olahraga, mulai Latihan praktik dari sekarang. Untuk menambah kemampuan, pelajar juga bisa mengikuti kursus karena penilaian prodi tersebut berasal dari UTBK dan portofolio.

3. November

Mulai mencari petunjuk pelaksanaan UTBK dan SBMPTN 2021 karena biasanya hal tersebut sudah mulai diberitahukan. Akan tetapi, masih ada kemungkinan untuk perubahan.

Walaupun jenuh, jangan berhenti mempersiapkan diri menghadapi UTBK.

Halaman: